Jumat, 07 Oktober 2016

UKURAN UTAMA KAPAL

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sudah libur beberapa hari untuk share materi jadi dini hari mau coba upload sedikit pengetahuan lagi yang bisa berguna nih siapa tau. Yuk disimak dan komen aja kalo butuh materi apa yang mau dishare ya!!!!

UKURAN UTAMA KAPAL (MAIN DIMENSION)


Penjelasan Panjang Kapal

LOA (length over all) adalah panjang keseluruhan dari kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan.
LBP ( length between perpendicular) adalah jarak antara garis tegak buritan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat
LWL (length on the waterline) adalah jarak garis muat, yang diukur dari titik potong dengan linggi haluan sampai titik potong dengan linggi buritan diukur pada bagian luar linggi depan dan linggi belakang

Lebar Kapal (B)

BWL (breadth at the waterline) adalah lebar terbesar kapal yang diukur pada garis air muat.
B (breadth) adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading.

Tinggi Geladak (H)

H adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah.

Sarat Air (T)

T (draught) adalah jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.

Freeboard 

Lambung timbul adalah jarak vertikal antara garis air yang diijinkan dan sisi atas geladak pada tepi geladak tengah kapal

ISTILAH LAIN DALAM UKURAN UTAMA KAPAL

  • AP (After Perpendicular) adalah garis tegak buritan adalah garis tegak yang terletak pada sisi belakang sterpost atau bila tidak ada sternpost, FP terletak pada sumbu poros kemudi.
  • FP (Forward Perpendicular) adalah garis tegak haluan adalah garis tegak vertikal yang melalui interseksi antara garis air muat/garis air perencanaan /DWL dan sisi dalam linggi haluan
  •  Tengah kapal (Midship) adalah titik tengah antara garis tegak haluan/FP dan garis tegak buritan/AP
  • Midship section adalah station/section pada tengah kapal/Amidship
  • Titik lunas (Keel Point)  adalah titik yang terletak pada tengah kapal/amidship, pada Garis tengah/Centre line dan sisi atas Lunas/keel
  • Molded Base Line adalah garis horizontal yang melalui keel point, garis ini digunakan sebagai garis referensi perhitungan hidrostatik
  • Sheer adalah kelengkungan horizontal geladak kapal, diukur dari perbedaan tinggi berbagai posisi dan tinggi pada tengah kapal, pada umumnya sheer bagian depan lebih tinggi dibanding bagian belakang, desain kapal modern pada saat ini banyak kapal yang tidak memiliki sheer
  • Camber adalah kelengkungan transversal geladak kapal, diukur dari perbedaan antara tinggi bagian tengah kapal dan tinggi pada sisi kapal
  • Rise of Floor adalah kemiringan pelat dasar kapal diukur secara transversal pada amidship dan Bmld
  • Tumble home adalah lengkungan kedalam pada sisi tengah kapal
  • Centreline plane/Middle line plane adalah bidang tengah adalah bidang vertical pada garis tengah/ centreline yang membagi kapal secara simetri
  • Water plane adalah bidang garis air adalah bidang yang dibatasi oleh garis air

1 komentar:

  1. Casino Gaming Guide - DrmCD
    Learn how 군포 출장샵 and when to use the casino games at your location. It's important to make 아산 출장안마 sure 수원 출장안마 you avoid gambling 천안 출장안마 and don't 경기도 출장마사지 want to risk money. There is

    BalasHapus

PENGEDOKAN KAPAL

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Gambar. Docking Tuzla Shipyard Pengedokan kapal pada dasarnya bertujuan untuk memper...